cover
Contact Name
Zaenal Abidin, S.Kom., M.T.
Contact Email
teknokompak@teknokrat.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
teknokompak@tekokrat.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Tekno Kompak
ISSN : 14129663     EISSN : 26563525     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Tekno Kompak adalah jurnal Sistem Informasi dan Komputer Akuntansi yang menerbitkan artikel-artikel ilmiah secara berkala enam bulanan setiap bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2020): Februari" : 10 Documents clear
PENERAPAN METODE COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM PENGUKURAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI (STUDY KASUS : CV LAUT SELATAN JAYA) Heni Sulistiani; Miswanto Miswanto; Damayanti Damayanti
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.469

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan teknologi dalam dunia bisnis menjadi sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan. Besarnya nilai nominal investasi teknologi informasi (TI) khususnya untuk sistem informasi (SI) pada perusahaan, membuat banyak pihak mulai bertanya-tanya bagaimana cara memperkirakan seberapa besar investasi tersebut memberikan manfaat bagi perusahaan. Agar nilai investasi terhadap teknologi dapat diukur, maka diperlukan suatu strategi yang dapat mengukur besarnya biaya dan nilai manfaat dari investasi TI tersebut. Dengan adanya pengukuran investasi TI diharapkan bahwa investasi yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi serta sejalan dengan visi dan misi instansi terkait.Pengembangan sistem menggunakan metode Extreme Programming, dan perancangan sistem menggunakan UML. Agar penelitian ini tidak bersifat subjektif maka penulis juga menggunakan metode penelitian berupa pengamatan, tinjauan pustaka, dokumentasi. Hasil pengujian sistem menggunakan ISO 9126 dengan karakteristik functionality 87.43% dan usability 85.00% yang telah dilakukan dengan melibatkan 5 Responden sehingga memiliki persentase hasil dengan total rata-rata 86.89%. Nilai persentase yang diperoleh menunjukkan kualitas perangkat lunak keseluruhan mempunyai skala “Baik” dan dinilai layak untuk diterapkan pada CV Laut Selatan Jaya.
PREDIKSI MASA SUBUR PADA WANITA MENGGUNAKAN PEMODELAN STATE SPACE BERBASIS SUHU BASAL TUBUH Vinna Rahmayanti Nastiti; Diah Risqiwati
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.475

Abstract

Mengamati perubahan yang dialami tubuh selama menstruasi akan memberikan petunjuk penting tentang status kesuburan. Salah satu metode yang dianggap paling efektif dan mudah untuk diimplementasikan adalah dengan pemantauan suhu basal tubuh. Pada dasarnya, suhu basal tubuh (BBT) adalah kondisi dimana suhu berada pada level terendah. Masuknya masa subur ditandai oleh sedikit penurunan suhu, diikuti oleh kenaikan secara tiba-tiba setidaknya 0,2 °C (0,4 °F) selama 48 jam berikutnya. Tentunya siklus masa subur tesebut termasuk dalam data deret waktu dikarenakan datanya saling berhubungan satu sama lain yang berurutan, disusun dari satu objek yang terdiri dari beberapa waktu periode. Salah satu metode prediksi data deret waktu adalah state-space. Teknik yang digunakan di dalam state-space adalah memisah waktu masa lalu dengan masa sekarang. Oleh karena itu pada penelitian di prediksi masa subur wanita berbasis suhu basal tubuh menggunakan pemodelan state-space, hasilnya sangat baik dengan akurasi rata-rata kesalahan prediksi dibawah 5%
EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI MOBILE MYINDIHOME BERDASARKAN KOMBINASI METODE SERVQUAL DAN METODE WEBQUAL Endah Saputri
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.525

Abstract

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi mobile myIndiHome. Sebagai penyedia layanan, PT. Telkom, Tbk dituntut untuk mampu memberikan pelayanan atau respon yang cepat, tepat dan akurat kepada pelanggan. Meskipun memiliki beberapa sarana untuk menampung semua keluhan pelanggan di Indonesia, namun dalam kenyataannya masih banyak keluhan pelanggan yang belum dapat terselesaikan dengan baik yang perlu diperhatikan. Dalam penelitian ini, pengukuran kepuasan pengguna terhadap respon cepat tanggap layanan menggunakan kombinasi metode ServQual dan WebQual. Kombinasi kedua teori, secara efektif menangani multikolinieritas (jika banyak variabel yang sangat berkorelasi). Sehubungan dengan kondisi itu, berdasarkan teori service quality (ServQual) digunakan untuk mengetahui kepuasan terhadap aplikasi tersebut, apakah ada pengaruh variabel reliability, responsiveness, empathy, assurance, dan tangible terhadap kepuasan pengguna baik perorangan maupun kelompok. Sedangkan berdasarkan instrumen website quality (webqual 4.0) mengidentifikasi kualitas berdasarkan tiga variabel yaitu usability, information quality, dan service interaction quality. Perhitungan model PLS (Partial Least Square) yang merupakan salah satu Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Reliabilitas dan validitas juga telah diuji. Penelitian ini juga menekankan pada sejauh mana persepsi tentang kualitas layanan aplikasi mobile myIndiHome yang dirasakan dan bagaimana pengaruhnya dengan kepuasan pengguna aplikasi mobile myIndiHome dalam hal ini pelanggan indihome yang memiliki dampak signifikan pada kepuasan pengguna.
PENENTUAN REKOMENDASI PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DENGAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS DAN DISKRITISASI Hanif Rahmawan
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.531

Abstract

Setiap institusi memiliki kebutuhan untuk terus meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi yang perlu mendapatkan dukungan dari SDM yang berkualitas. Pelatihan menjadi salah satu cara untuk mewujudkan SDM yang berkualitas. Namun terkadang penentuan pelatihan yang sesuai untuk seorang pegawai tidak mudah dan berpeluang menimbulkan ketidakkonsistenan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan data mining terhadap data pemetaan pegawai sehingga didapatkan aturan untuk penentuan rekomendasi pelatihan pengembangan diri.  Data pemetaan terdiri dari nilai aspek psikologis pegawai dan rekomendasi pelatihan yang diberikan oleh assessor.Pada penelitian ini digunakan tiga metode, yaitu algoritma C4.5, kombinasi PCA, dan C4.5, serta kombinasi PCA, diskritisasi, dan C4.5 untuk melakukan penambangan pada data. Diskritisasi yang digunakan adalah diskritisasi berbasis entropi. Pada tahap pra-pemrosesan digunakan teknik over-sampling SMOTE untuk menangani 4 data pelatihan yang mengalami ketidakseimbangan kelas. Pada penerapan kombinasi algoritma PCA, diskritisasi, dan C4.5 dilakukan reduksi dimensi dengan menggunakan algoritma PCA. Data hasil reduksi didiskritisasi kemudian diklasifikasi dengan algoritma C4.5.Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi PCA, diskritisasi, dan C4.5 memberikan performa yang lebih baik daripada kedua metode yang lain. Seluruh pelatihan menunjukan performa terbaik ketika diproses dengan metode ini. Penentuan rekomendasi pelatihan pengembangan diri bagi pegawai dapat dilakukan dengan metode ini dengan rerata akurasi 86,6%.
PENGEMBANGAN APLIKASI WEB UNTUK SIMULASI SIMPAN PINJAM (STUDI KASUS : LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH BMT L-RISMA Syaiful Ahdan; Putri Indah Sari
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.382

Abstract

Lembaga keuangan syariah BMT L-RISMA adalah sebuah lembaga yang bergerak pada bidang simpan pinjam. Proses penyebaran informasi tentang lembaga keuangan syariah tersebut masih dilakukan secara manual melalui brosur yang disebarkan langsung pada masyarakat umum, begitu juga penjelasan mengenai prosedur simpan pinjam kepada calon nasabah dilakukan dengan cara bertemu langsung, dan proses perhitungan simpan dan pinjam masih dilakukan secara manual, hal ini dapat menyulitkan calon nasabah, sehingga harus menggunakan kalkulator untuk melakukan perhitungan. Kontribusi pada penelitian ini adalah melakukan Pengembangan aplikasi simulasi simpan dan pinjam berbasis web, yang dibangun dengan menggunkan bahasa pemrograman PHP dengan model perancangan UseCase Diagram, Class Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Sistem yang telah dibangun kemudian dilakukan Pengujian dengan menggunakan ISO 9126 hasil yang diperolah adalah : Functionality 85,8%, Reliability 92 %, Usabililty 90,28%, Efficiency 95%.@font-face { font-family: "Times New Roman"; }@font-face { font-family: "宋体"; }@font-face { font-family: "SimSun"; }p.MsoNormal { margin: 0pt 0pt 0.0001pt; font-family: "Times New Roman"; }p.MsoHeader { margin: 0pt 0pt 0.0001pt; font-family: "Times New Roman"; }p.MsoFooter { margin: 0pt 0pt 0.0001pt; font-family: "Times New Roman"; }p.MsoBodyText { margin: 0pt 0pt 0.0001pt; text-align: center; font-family: "Times New Roman"; }span.msoIns { text-decoration: underline; color: blue; }span.msoDel { text-decoration: line-through; color: red; }div.Section0 { }
PERANCANGAN PROTOTYPE INTERFACE SISTEM INFORMASI KEBERADAAN DOSEN Evi Dwi Wahyuni; Muhammad Irfan
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.461

Abstract

Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Program studi Teknik Informatika memiliki bagian civitas akademika yaitu staff administrasi. Masalah yang sering dihadapi staff administrasi jurusan Teknik Informatika adalah menjawab pertanyaan mahasiswa terkait keberadaan dosen. Hal seperti itu dapat mengganggu kinerja dan fokus kerja staff administrasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, staff administrasi jurusan Teknik Informatika memerlukan sebuah sistem informasi keberadaan dosen. Sebelum membangun sebuah sistem informasi dibutuhkan sebuah perancangan prototype interface web. Penelitian ini menggunakan perancangan User Experience Design Process untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam berinteraksi dengan produk dan pada tahap akhir dilalukan evaluasi Usability Testing untuk uji kebergunaan produk. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan prototype interface sistem informasi keberadaan dosen dan hasil dari evaluasi pengolahan data kuesioner terdapat beberapa pertanyaan yang memiliki nilai skala rendah, oleh karena itu diberikan rekomendasi perbaikan interface dari prototype tersebut untuk pengembangan selanjutnya. Secara umum perbaikan interface terletak pada bagian informasi status keberadaan dosen, simbol icon pada interface web dan desain warna web pada prototype interface. Saran rekomendasi perbaikan dapat digunakan dalam pengembangan lebih lanjut prototype interface ke tahap implementasi coding.
PEMBUATAN E-COMMERCE PEMESANAN JASA EVENT ORGANIZER UNTUK ZERO SEVEN ENTERTAIMENT Bayu Dwi Juniansyah; Erliyan Redy Susanto; Agung Deni Wahyudi
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.499

Abstract

Semakin banyaknya event organizer dan perusahaan yang bermunculan untuk memasarkan iklan, membuat banyak event organizer ataupun perusahaan yang harus bersaing untuk mendapatkan perhatian untuk iklan mereka, oleh karena itu maka diperlukan media untuk memasang iklan dan pemesan sebuah event untuk membantu para pemilik acara untuk mempromosikan iklan ataupun acara mereka.Dengan tujuan agar memudahkan pemilik acara ataupun pemasang iklan untuk promosikan acara dan iklan mereka. Dan dengan mudah melakukan pemesanan langsung melalui website yang tersedia sehingga pembeli tidak perlu mengantri panjang untuk mendaptkan tempat di event tersebut. Aplikasi ini menggunakan PHP dan juga menggunakan MySQL. Metode pengerjaan yang digunakan adalah metode extreme programming dan diuji menggunakan metode ISO 9126. Setelah diuji, aplikasi ini dapat diakses secara online. Aplikasi ini mampu memfasilitasi pemasang iklan dalam mengiklankan event yang terintegrasi dengan sosial media.Website yang dibuat adalah event organizer dimana event organizer tersebut terdiri dari tiga event yaitu event foodfestival, modifikasi mobil, dan modifikasi motor, menggunakan metode Extreme Programming dimana tahapannya berupa tahapan planning, tahapan design, tahapan coding, dan tahapan testing, website ini dilakukan secara online cara melakukan pemesanan event melalui website nya langsung supaya dapat diakses dimanapun dan  kapanpun agar dapat memudahkan para pengguna website  tersebut, supaya acara tersebut berjalan lancar Kata Kunci: Event Organizer, Website, E-Commerce, Extreme Programming,   Codeigniter Framework
DETEKSI ANOMALI TOTAL ELECTRON CONTENT SEBELUM GEMPA BUMI PALU MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN LEVENBERG-MARQUARDT Bernadus Anggo Seno Aji; Arliyanti Nurdin; Pangestu Widodo; Muhammad Rizal Dwi Pramana
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.504

Abstract

Indonesia termasuk kedalam negara dengan aktifitas gempa bumi yang tinggi. Analisis gempa bumi yang pernah terjadi sangat membantu dalam memahami karakteristik gempa bumi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Gempa bumi Palu (0.18oS 119.85oE) 2018 sebagai pengamatan dan menggunakan JST LM (Jaringan Syaraf Tiruan Levenberg-Marquardt) sebagai metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis gempa bumi Palu dan menguji kesesuaian metode JST LM untuk mendeteksi anomali sebelum gempa bumi yang diamati. Hasil memperlihatkan bahwa metode ini cukup baik dalam mendeteksi anomali yang berasosiasi dengan gempa bumi Palu. Anomali yang terdeteksi didapat pada H-3 dan H-0 sebelum gempa bumi terjadi, serta H+1 setelah gempa bumi. Dalam penelitian ini juga dianalisis pola distibusi anomali sepanjang garis lintang. Pola anomali menunjukkan terlokalisasi disekitar epicenter gempa bumi. Selain itu juga didapatkan pola anomali bergerak ke arah selatan searah dengan pergerakan Sesar Palukoro.
MONITORING APLIKASI MENGGUNAKAN DASHBOARD UNTUK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENJUALAN (STUDI KASUS : UD APUNG) setiawansyah setiawansyah
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.503

Abstract

UD Apung sebuah usaha dagang yang bergerak pada bidang penjualan barang yang mendistribusikan barang dagangannya kepada pelanggan. Proses penjualan barang yang dilakukan masih secara konvensional yaitu melakukan pencatatan pada nota penjualan barang yang akan dikirim kepada pelanggan. Permasalahan yang ada pada proses penjualan yaitu pembuatan nota penjualan dan faktur pengiriman barang masih dilakukan secara manual yaitu dengan menulis pada nota dan faktur pengiriman barang untuk diberikan kepada pelanggan sehingga memperlambat kinerja staff dalam pengolahan transaksi penjualan. Sistem informasi akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan. Sistem dashboard interaktif ini dapat mempermudah bagian staff dalam menyajikan laporan penjualan secara real time dan memudahkan pimpinan dalam melihat perkembangan penjualan dan melakukan pengolahan data penjualan. Digital dahsboard yang baik dapat meningkatkan efektifitas eksekutif perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Tujuan monitoring aplikasi dengan menggunakan dashboard pada sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan barang pada UD Apung yaitu: Memastikan proses input transaksi penjualan dan pembelian barang dilakukan sesuai prosedur yang berlaku oleh bagian staff, sehingga proses input transaksi penjualan dan pembelian barang berjalan sesuai jalur yang disediakan). Menyediakan probabilitas tinggi akan keakuratan data bagi pelaku monitoring yaitu dengan menampilkan data transaksi penjualan dan pembelian dalam bentuk grafik, sehingga pimpinan dapat melihat data transaksi penjualan dan pembelian barang secara cepat dan akurat
DINAMIKA UMKM DI GRESIK - JAWA TIMUR PADA PERKEMBANGAN ERA DIGITAL DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK Putri Amelia; Brina Miftahurrohmah
Jurnal Tekno Kompak Vol 14, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33365/jtk.v14i1.532

Abstract

Perkembangan UMKM ini juga harus bisa mengimbangi globalisasi pasar yang menuntut peningkatan daya saing dan strategi bisnis yang saat ini tengah beralih ke era digital. Dari survey yang dilakukan BPS (2016) 67% UMKM mengalami kendala. Kendala yang sering dihadapi salah satunya adalah pemasaran (31%). Berdasarkan hasil yang ada, tidak semua UMKM yang ada melakukan implementasi digital didalam membantu kegiatan marketing. Oleh karena itu penelitian kali ini akan dibahas dinamika perubahan permintaan khususnya UMKM makanan perkembangan era digital dengan menggunakan metode pendekatan sistem dinamik. Melalui penggambaran model simuasi akan digambarkan faktor eksternal pelanggan dan faktor internal penjual. Penggambaran model akan dapat diketahui perubahan permintaan sebelum dilakukan implementasi marketing didalam proses bisnis dan saat dilakukan implementasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10